Post Top Ad

Friday, June 14, 2019

Budidaya burung puyuh

Cara Ternak Puyuh Petelur

kandang puyuh petelur
Cara ternak puyuh petelur yang baik dan benar
Ada beberapa syarat yang harus dulur-dulur penuhi dalam ternak puyuh petelur. Syarat tersebut adalah :
  • Lokasi ternak puyuh petelur
  • Kandang puyuh petelur
  • Memilih bibit puyuh petelur yang baik

Cara ternak puyuh petelur yang pertama yaitu harus melengkapi syarat-syarat yang telah kami sebutkan diatas. Jika dulur-dulur masih bingung, berikut kami berikan detailnya khususnya untuk dulur-dulur ternak.

Syarat Lokasi Ternak Puyuh Petelur

lokasi ternak puyuh petelur
salah satu contoh foto ternak puyuh petelur
Syarat lokasi budidaya burung puyuh tidak jauh berbeda dengan beternak unggas lain.

Secara umum, syarat lokasi ternak puyuh petelur meliputi jauh dari keramaian dan pemukiman penduduk, lokasi budidaya strategis dan bisa dijangkau oleh moda transportasi, bebas banjir, memiliki sirkulasi udara yang baik dan bukan daerah endemik penyakit.

Syarat Kandang Puyuh Petelur

cara ternak puyuh petelur
contoh kandang puyuh petelur
Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam ternak puyuh petelur adalah kandang puyuh petelur.

Syarat kandang puyuh petelur antara lain: suhu berkisar 20-25C, kelembapan berkisar 30-80%, penyinaran siang hari berkisar 25-40 watt, sedangkan malam hari 40-60 watt dan perlu memperhatikan arah sinar matahari agar kandang cukup cahaya matahari saat pagi hari.

Model kandang burung puyuh ada 2 macam, yaitu sistem litter yang berlantai sekam dan sistem sangkar (batere). Ukuran kandang disesuaikan dengan umur burung puyuh (Subekti, 2013).

Saat burung puyuh masih bibit, maka 1 m2 kandang puyuh petelur dapat diisi 90-100 ekor puyuh. Jika umur burung puyuh 10 hari sampai lepas anakan, maka 1m2 kandang puyuh petelur dapat diisi 60 ekor. Kemudian dikurangi menjadi 40 ekor/m2 sampai bertelur.

Ukuran kandang puyuh petelur yang ideal adalah 200 cm, dengan rincian lebar 75 cm, tinggi kandang 30-35 cm, tinggi kolong kandang antara 30-40 cm, pintu kandang puyuh petelur sebaiknya berukuran 17 cm x 17 cm.

Bila kandang puyuh petelur bertingkat, sebaiknya ditambahkan dropping board yang berfungsi untuk menampung kotoran burung puyuh.

Bahan baku pembuatan kandang puyuh petelur bisa menggunakan bambu, kayu dan kawat kasa (ram) sebagai dinding. Atap kandang puyuh petelur usahakan terbuat dari bahan yang mampu meredam panas misal genting, untuk lantai bisa disusun dari bata merah atau campuran pasir, semen dan kapur.

Tata letak tempat pakan dan minum sebaiknya berada diluar kandang puyuh petelur, serta menempel disamping kandang yang terbuat dari pipa PVC, bambu atau kayu.

Syarat Bibit Puyuh Petelur Yang Baik

bibit puyuh petelur
cara ternak puyuh petelur yang baik berawal dari bibit puyuh yang baik
Bibit puyuh petelur yang baik harus disesuaikan dengan tujuan budidaya burung puyuh.

Bila ingin menghasilkan telur konsumsi sebaiknya pilih bibit puyuh jenis ketam betina yang sehat dan bebas penyakit. Untuk menghasilkan telur yang baik, pastikan dilakukan sexing terlebih dahulu sehingga semua puyuh yang dipelihara adalah betina.

Bila ingin menghasilkan daging puyuh, sebaiknya dipilih puyuh jantan dan puyuh petelur afkir. Sedangkan bila ingin menghasilkan telur tetas untuk pembibitan sebaiknya pilih puyuh betina dan jantan yang sehat dan lincah agar telur yang menetas berkualitas.

Jadi dulur-dulur harus memperhatian tujuan dalam budidaya puyuh, jangan sampai salah memilih bibit puyuh ya dulur-dulur.
June 14, 2019 / by / 0 Comments

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad